Minggu, 16 September 2012

Vocaloid dan Utauloid itu apaan sih?

Pasti banyak yang ngira Vocaloid dan UTAUloid itu anime, padahal bukan loh! Ini dia penjelasannya!~

Vocaloid adalah sebuah program Voice Synthesizer yang disponsori oleh YAMAHA. Program ini memungkinkan penggunanya untuk membuat lagi dari data suara tiruan dalam program tersebut hanya dengan memasukan lirik dan melodi. Vocaloid sendiri memliki pengisi suara seperti HATSUNE MIKU di isi oleh Saki Fujita, Kagamine Twins dengan Shimoda Asami.

Vocaloid memanglah bukan sebuah Komik atau Anime (ada sih komik yang di dasari dari program ini) Namun, Vocaloid tetaplah Vocaloid. Sebuah program untuk membuat lagu/musik.

Suara Vocaloid terbagi bermacam macam macam suara. Ada yang nge bass, childish, cute, seriosa, dan lain lain.Namun di antara Vocaloid Vocaloid tersebut ada beberapa Vocaloid yang namanya cukup terkenal. Seperti Hatsune Miku dengan suara cempreng ala anak kecil. Lalu si kembar Rin dan Len yang suaranya sangat harmonis, sehingga cocok untuk di buat duet.

UTAUloid adalah sebuah software yang kurang lebih sama seperti Vocaloid. Dalam penjualannya UTAUloid gratis. UTAUloid sendiri dapat dibuat sendiri dan di sebut "fanmade". Yang diakui sendiri oleh YAMAHA (sponsor Vocaloid) ada tiga yakni Kasane Teto dan Akita Neru.

Cara memaikan Utauloid sama seeprti Vocaloid. Mazu sendiri tidak tahu apa bedanya (karna memang belum mencoba Vocaloid, baru Utauloid).

Utau sendiri memiliki peraturan ketat. Karena gratis dan hanya fanmade, sehingga takutnya UTAUloid dijual di pasaran, padahal Utau itu harus gratis.

Janganlah membuat voice bank dari seorang penyanyi asli tanpa permisi
Janganlah membuat voice bank dari suara aktor atau artis tanpa permisi
Jangan membuat voice bank dari keluaran Vocaloid, yang terlarang di gunakan
Jangan membuat voice bank dari voice synthesizers tanpa permisi
Teto Kasane adalah suaranya Hatsune Miku yang agak dirombak.


source: Mazustory.

4 komentar:

  1. lho? bukannya Teto pengisi suaranya Oyamano Mayo?

    BalasHapus
  2. Apa maksudnya keluaran Vocaloid?

    BalasHapus
  3. Denger denger Vocaloid itu ada yang ngisi suaranya tros UTAU suara mesin iya gak sih?

    BalasHapus